Anizan Google Adsense Alternative Anizan Google Adsense Alternative Anizan Google Adsense Alternative http://id-dulcebank.blogspot.com/2014/10/anizan-google-adsense-alternative.html Perumahan Baru di Tangerang Perumahan Baru di Tangerang Perumahan Baru di Tangerang http://id-dulcebank.blogspot.com/2014/10/perumahan-baru-di-tangerang.html Superwash Laundry Waralaba / Franchise Laundry Kiloan Terbesar dan Termurah di Indonesia Superwash Laundry Waralaba / Franchise Laundry Kiloan Terbesar dan Termurah di Indonesia Superwash Laundry Waralaba / Franchise Laundry Kiloan Terbesar dan Termurah di Indonesia http://id-dulcebank.blogspot.com/2014/11/superwash-laundry-waralaba-franchise.html Belajar Linux Open Source Ayo Linux seo cinta menambang bitcoin simbol flowchart belajar microsoft office belajar microsoft word belajar microsoft excel resep makanan resep nusantara resep makanan lezat download game gratis game android gratis download permainan

Berita Terbaru :

Program Pendidikan Profesi Guru Segera bergulir

Kamis, 06 September 2012 - 12:07:17 WIB
Diposting oleh : Publikasi dan Kerjasama
Kategori: Seputar Kampus - Dibaca: 1444 kali

Program Pendidikan Profesi Guru Segera bergulir

“Guru yang mendidik karakter haram kesiangan” demikian kata Profesor Sofyan Sauri yang menjadi narasumber pada kegiatan Workshop Rancang Bangun Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra & Dalam Jabatan" yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Adab (FTA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SMH Banten pada Selasa (4/9) kemarin. Ia juga mengutip sebuah penelitian di Australia tentang moralitas bangsa. “Moralitas dapat dipengaruhi sistem pemerintahan. Menurut penelitian di Australia, untuk membuat anak mampu menulis sesunguhnya cukup waktu 6 (enam) bulan, akan tetapi untuk merubah prilaku dapat memakan waktu 15 (lima belas) tahunan” demikian paparnya. Tugas guru dalam rancang bangun Pendidikan Profesi Guru adalah mendidik, mengajar, dan melatih. Oleh karenanya jumlah mahasiswa yang diterima dalam Pendidikan Profesi Guru disesuaikan kebutuhan lapangan dengan prinsip supply dan demande. Mereka calon peserta pendidikan ini diseleksi oleh penglola program tersebut. Guru Besar di Universitas Pendidikan Indonesia ini juga menangkap kondisi umpan balik pendidikan di masyarakat, “selama ini guru telah merubah anak bangsa, hanya saja anak bangsa tidak merasa dirubah oleh guru” demikian tandasnya.

Sementara Pembicara dari Kementrian Agama yang diwakili oleh Dr Abdul Rozak menegaskan bahwa Pendidikan Profesi Guru itu bertujuan menghasilkan guru yang professional. Ia menjelaskan PPG seharusnya sudah dilakukan tahun lalu (2011-red), karena terdapat berbagai kebijakan akhirnya PPG belum diimplementasikan pada pendidikan di lingkungan Kementrian Agama, Rozak menyayangkan seandainya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini tidak segera diimplementasikan akan memunculkan pertanyaan di lingkungan Kemendikbud, dan khawatir jika dianggap tidak ada fungsinya. Di Lingkungan Kemenag, ada dua direktorat yang memiliki tenaga Pengajar; Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah dan Direktorat Pendidikan Madrasah, pada awal tahun 2012 PPG tersandung anggaran, kemudian muncul lagi dan kembali dipending dengan alasan pengurangan anggaran, kabar terakhir akan dimasukan kedalam APBNP yang pada tanggal 10 sampai 11 September 2012 masing-masing  akan ditindaklanjuti  presentasi Dekan di Dirjen Pendis terkait pelaksanaan PPG dalam Jabatan. Rozak juga berharap anggaran itu betul-betul ada. Ia mensinyalir belum adanya konsen dari pihak Kemenag, mengingat program sertifikasi yang belum tuntas, padahal di LPTK Kemendikbud sudah “Piloting”. Sementara ini sudah diterima pembagian kuota studi di beberapa Perguruan Tinggi Agama Islam seperti UIN Jakarta memperoleh & Prodi, IAIN SMH Banten 3 Prodi, IAIN Aceh 10 Prodi dan IAIN Riau hampir 10 Prodi. (AR-BK)