23 Des
656

Tingkatkan Kualitas SDM menuju UIN Banten

HumasIAIN - Terakreditasinya kampus Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten dengan nilai 325 yang mendapat peringkat B menjadi titik awal perkembangan kampus IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) SMH Banten yang beberapa bulan lagi akan disandang.

Wakil Rektor I bidang akademik Ilzamudin dalam sambutan pembukaan acara tasyakuran akreditasi institusi dan persetujuan ijin prakarsa presiden IAIN SMH Banten menjadi UIN SMH Banten di aula rektorat IAIN SMH Banten, mengatakan,  pihaknya bersyukur atas akreditasi B yang kini disandang oleh IAIN karena baik program studi hingga Institusi sekarang sudah terakreditasi semua.

“Terhitung dari beberapa tahun kebelakang tim AIPT sudah berusaha keras dalam memajukan IAIN ini hingga terkareditasi B, oleh karena itu ini menjadi titik awal perkembangan kita untuk bertransformasi dari IAIN menjadi UIN yang beberapa bulan lagi akan kita dapat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, UIN merupakan konsekuensi logis dari tanggung jawab kita semua dalam mengembangkan pendidikan khususnya di Banten, dan dengan UIN ini dapat dibudayakan aksebilitas pendidikan dan masyarakat Banten sehingga kampus kita menjadi sarana perkembangan Banten.

Wakil Walikota Serang Sulhi, mengatakan, perubahan dari IAIN menjadi UIN merupakan kemajuan perguruan tinggi Islam di Banten dan diharapkan setelah berubahnya status menjadi UIN ini mampu menjadi tempat berkembangnya ilmu-ilmu umum seperti matematika, fisika dan yang lainnya.

“Dengan adanya UIN ini, akses masyarakat menjadi lebih dekat, jadi masyarakat Banten kedepan tidak perlu lagi mencari kampus yang jauh untuk mendapat ilmu umum,” ungkapnya.

Dia menambahkan pemerintah Kota Serang dan Provinsi Banten siap mendukung agar proses pengembangan IAIN menjadi UIN ini bisa cepat terealisasi.

“Pemerintah beserta perusahaan yang ada di Banten siap mendukung dan akan terus membantu baik dari segi fisik maupun SDM guna kemajuan UIN ini agar lebih berkualitas,” ungkapnya.

Rektor IAIN SMH Banten Fauzul Iman mengatakan, pihaknya sudah berupaya keras dalam memajukan dan meningkatkan kualitas IAIN hingga terakreditasi B. “Kami sudah berkordinasi dengan pemerintahan pusat dan pihak terkait. Informasinya sekarang tinggal menunggu perpres dari kemenpan saja, sebab semua persyaratan sudah kita penuhi sudah diserahkan ke sesneg. Kemungkinan tiga sampai lima bulan lagi kampus IAIN resmi jadi UIN Banten, dan dalam waktu itu kita akan mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari penguatan SDM yang berkualitas dan pembangunan gedung baru, karena jika sudah resmi jadi UIN, kita harus bertanggungjawab dalam peningkatan kualitas SDM nya,” ujarnya. (Ferry)